Mengenal Arti Semboyan Tut Wuri Handayani dari Ki Hajar Dewantara
tut-wuri-handayani

By wathesson 05 Mei 2021, 14:59:25 WIB Pendidikan
Mengenal Arti Semboyan Tut Wuri Handayani dari Ki Hajar Dewantara

KOMPAS.com - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati di Indonesia setiap 2 Mei. Tahun ini, Hardiknas jatuh pada Minggu (2/5/2021).

Peringatan Hardiknas sendiri tidak dapat dilepaskan dari sosok Ki Hajar Dewantara, yang merupakan pelopor pendidikan bagi bangsa Indonesia di era kolonialisme.

Tanggal 2 Mei dipilih sebagai peringatan Hardiknas, karena merupakan hari kelahiran sang Bapak Pendidikan Nasional.

Semboyan Ki Hajar Dewantara

Mengutip Kompas.com, 2 Mei 2020, semboyan pendidikan Ki Hajar Dewantara adalah "Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani".

Semboyan itu dapat diartikan sebagai, "di depan, seorang pendidik harus bisa menjadi teladan, di tengah murid, pendidik harus bisa memberikan ide, dan di belakang, seorang pendidik harus bisa memberikan dorongan".

Salah satu penggalan semboyan itu, "Tut Wuri Handayani", digunakan dalam logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai penghargaan bagi Ki Hajar Dewantara.

Lantas, seperti apa konsep Tut Wuri Handayani?

Mengutip laman Kemendikbud, semboyan "Tut Wuri Handayani" mengandung pesan agar setiap pendidik tidak memaksakan kehendak kepada anak didiknya.

Tut Wuri Handayani berarti mengikuti dari belakang dengan mempengaruhi.

Maksudnya yaitu, jangan berusaha menarik anak didik dari depan. Anak-anak yang masih belajar sebaiknya dibiarkan mencari jalannya sendiri. Jika anak didik salah jalan, barulah pendidiknya boleh mengarahkan.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment